Belajar Dari Andre Taulany


Setelah Pesta Demokrasi Diadakan Capres Palson 02 melakukan Sujud Syukur kemenangan. Sontak yang iya lakukan mendapat berbagai macam respon dari masyarakat Indonesia. Salah satunya Erin Taulany, istri dari komedian Andre Taulany. Sebenarnya Tentunya bukan hanya Erin Taulany yang akan mengolok-olok Prabowo. Ada sangat banyak orang melakukan hal yang sama. Namun, Tentunya beda dengan Publik figur, mereka mempunyai efek yang sangat besar untuk mempengaruhi masyarakat atau pengikutnya. Alahasil Erin Taulany dilaporkan melanggar UU tentang informasi elektronik.

Lalu, setelah beberapa hari. Kini giliran Andre Taulany yang diduga melakukan penghinaan kepada dua ulama besar di Indonesia. Mereka adalah Ustad Abdul Shomad dan Ustad Adi Hidayat. Candaan yang di Duga Hinaan ini ia lontarkan saat kedatangan bintang tamu dua YouTubers Besar dan menanyakan kenapa ia sangat menyukai sepatu yang ia kenakan. Andre mempelesetkan merek sepatu yang diduga Adidas menjadi Adisomad. Adisomad sangat indentik dengan nama Abdul Shomad dan Adi Hidayat. Andre Taulany beralasan bahwa itu adalah nama umum, dan ia juga tidak boleh menyebut merek di Acara tersebut.

Ustad Adi Hidayat merespon Video tersebut

“Ya sudah biarin saja, kita ngk usah balas, tidak usah di balas dengan celaan. Kita doakan yang baik. Tapi saya mau ingatkan. “KETIKA LISAN ANDA SUDAH TAJAM KEPADA ULAMA, ITULAH TANDA AWAL KEHANCURAN KARIR ANDA DI DUNIA.”

Belum cukup satu pekan. Lagi lagi lidah Andre Taulany menimbulkan masalah. Kini giliran nabi Muhammad yang menjadi candaannya. Saat Bintang tamu menjelaskan alasan dia selalu wangi karena mau mencontoh nabi Muhammad SAW sesuai dalam sebuah riwayat. Wangi nabi bagaikan seribu bunga. Dengan sontak Andre berkata.

Seribu bunga?. Itu badan apa Kebon?

Perkataan ini lah yang lagi-lagi membuat Andre Taulany terkena masalah. Dan kabarnya Andre Taulany telah menghadap ke MUI dan meminta maaf kepada kaum Muslimin. Terlepas ia dimaafkan atau tidak, ia salah atau tidak. Kita dapat mengambil sebuah pelajaran dari masalah pasangan ini.

Pertama, jika anda seorang publik Figur lebih baik berhati-hati dengan apa Yang anda Posting. Ya. Memang itu hak anda memposting apa saja yang anda inginkan. Namun, sebelum memikirkan hak anda, setidaknya anda mengingat kewajiban anda. Menjadi public figure memang bukan hal mudah dan seharusnya mereka yang mendapat predikat ini menyadarinya. Dibalik nama besar dan predikat sebagai role model terdapat tanggung jawab besar, tanggung jawab moral yang bagaikan rantai besi mengikat kaki mereka setiap kali melangkah. Sebenarnya mereka adalah the chosen, orang yang terpilih yang selayaknya bersikap bijaksana dan penuh pertimbangan setiap kali melakukan sesuatu. Segala tindakan seorang public figure akan menjadi perhatian  masyarakat. Selayaknyalah mereka lebih berhati-hati dalam bertindak dan senantiasa memiliki shame culutre (budaya malu), malu berbuat salah karena tidak jarang bagi peminat yang belum cukup dewasa dalam menanggapi pemberiataan maka apa yang ditampilkan di televisi atau media lainnya dianggap sebagai sesuatu yang benar dan dicontoh. .

Kedua, Hati hati dengan candaan agama. Ulama merupakan pewaris lidah nabi. Tentunya ulama adalah orang yang sangat pantas dan wajib untuk dimuliakan. Terlepas Andre Taulany benar benar niat untuk mengolok Dua ulama besar di Indonesia atau memang sesuai dengan alasan beliau “Nama adisomad adalah nama yg Umum” sudah sepantasnya ketika Ustad Adi Hidayat Merespon candaan Andre, ia langsung meminta maaf di hadapan Ustad Adi Hidayat. Apalagi menurut data yang dikemukakan akun Twitter The Spactator Index bahwa perkataan agama di Indonesia sangat Penting dan berada di urutan kedua dengan Nilai 93% yang mana Ethiopia berada di peringkat pertama dengan nilai 98%. Jika sebelumnya Mengenai nama ulama yang sangat umum dimasyarakat “Adisomad” saja sudah terkena masalah. Apalagi masalah nabi. Tentunya tidak perlu berketik lebar masalah nabi.

Terlepas Dari ia akan dipenjara atau tidak. Sesungguhnya siapapun kita mari sangat berhati-hati dalam melontarkan kata kata. Bisa jadi kita menganggap itu sebuah lelucon. Tapi tidak bagi orang lain. Masalah agama adalah masalah yang sangat sensitif di Indonesia. Ada baiknya tidak membawa nama-nama Tokoh dan kitab yang dalam agama adalah hal yang penting.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *