You are here
Home > Feature > Insomnia: Orang yang cerdas atau orang yang penyakitan???

Insomnia: Orang yang cerdas atau orang yang penyakitan???

Banyak orang yang mengendap penyakit imsomnia, banyak yang beranggapan bahwa insomnia terjadi diakibatkan karena usia produktif mengalami kelelehan akibat melakukan aktivitas pada siang hari. Padahal menurut ahli kesehatan kelelehan di siang hari malah dapat membantu tidur lebih awal di malam hari.

Apabila malam hari serta otak dan tubuh sudah lelah maka secara otomatis tingkat kewaspadaan atau adrenalin menurun. Menurut dr. Mardi, ini adalah saat yang paling tepat untuk tidur. Apalagi jika sebelum tidur, Anda menyempatkan diri untuk mandi air hangat dan minum segelas susu hangat.

Mungkin anda pernah mendengar saran bahwa jika anda kesulitan tidur maka cobalah menghitung domba, mulai domba pertama hingga domba kesepuluh. Apakah itu berhasil? Tentu saja tidak, malah kebayakan mereka yang melakukan ini semakin sering berguling-guling tampa tidur sedikitpun. Tentu ini bukanlah hal yang lucu.

Namun apa sebenarnya penyebab insomnia?

Sebenarnya ada banyak penyebab insomnia, diantaranya adalah penyebab kondisi kejiwan dan medis, kebiasaan tidur yang tidak sehat, mau pun faktor biologis tertentu. Para ahli juga telah meneliti salah satu dari sekian banyak mengapa imsomnia sering terjadi, mereka menemukan bahwa insomnia terjadi karena otak anda lebih banyak aktifnya daripada istirahatnya. Maka tidak heran banyak yang mengatakan bahwa orang yang terkena insomnia adalah mereka yang cerdas.

Seperti yang telah saya katakan di atas bahwa kondisi medis juga menjadi penyebab imsomnia. Ada beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan anda terkena insomnia, beberapa di antaranya bersifat ringan dan beberapa diantaranya bersifat serius juga.

Beberapa penyakit medis yang dapat menyebabkan insomnia: radang sendi, sakit kronis, asma, Masalah endokrin seperti hipertiroidisme, Alergi nasal / sinus, Masalah gastrointestinal seperti refluks. Selain itu Obat-obatan seperti yang dikonsumsi untuk alergi flu dan nasal umum, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, penyakit tiroid, pengendalian kelahiran, asma, dan depresi juga dapat menyebabkan insomnia.

Bagaimana dengan depresi?

Selain penyakit medis yang saya katakan di atas, penyebab imsomnia juga adalah depresi. Hal inilah yang kebanyakan menjadi alasan mengapa mereka terkena insomnia.

Gangguan depresi ini tentu saja berbeda-beda alasanya. Entah mereka yang di tinggal mantan kepelaminan, mereka yang ditolak cintahnya, mereka yang masih jomblo padahal kawan-kawan udah pada nikah, mereka yang pusing dengan ayam kripsi ehh skripsi maksudnya dan masih banyak lagi penyebab depresi sehingga insomnia dapat terjadi.

Depresi ini pada umumnya fokus ke Tertangkap dalam pikiran tentang kejadian masa lalu Terlalu, mengkhawatirkan kejadian masa depan, dan Merasa terbebani oleh tanggung jawab.

Benarkah orang yang terkena penyakit insomnia adalah orang yang cerdas?

  1. Telah banyak penelitian yang ada bisa cari di internet mengatakan bahwa orang yang terkena penyakit insomnia adalah mereka yang memiliki kecerdasan yang tinggi, namun apakah benar?

Penelitian itu menurut penulis tidak sepenuhnya benar. Mengapa?, karena ketika penderita insomnia ini tidak melakukan kegiatan belajar saat ia mengalami kesulitan tidur maka tidak ada gunanya malamnya yang habis. Namun jika si penderita imsomnia melakukan ritual-ritual seperti memperdalam materi sekolah maupun kuliah, menjalankan ibadahn kepada sang pencipta sudah pasti mereka akan bertambah kecerdasanya. Berbeda dengan mereka yang tidak melakukan ritual itu dan hanya memainkan smartphoneya padahal tidak satupun chat yang masuk.

Baca: Terimah kasih internet

berikut ini tips mengobati insomnia

1. Berolah raga teratur.

Beberapa penelitian menyebutkan berolah raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolah raga, kesehatan anda menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.

2. Tidur sangat baik untuk kesehatan, ini membantu tubuh cepat pulih dari rasa lelah dan capek dari aktivitas sehari-hari. Usahakan agar tempat atau kamar tidur anda senyaman mungkin, hindarkan laptop atau gadget lainnya dari tempat tidur anda, dan usahakan agar kamar anda tenang dan matikan lampu saat tidur.

3. Mengatasi Insomnia bisa juga dilakukan dengan mengikuti pola tidur alami, dan malam hari adalah waktu alami untuk seseorang tidur dan jangan terlalu banyak tidur di siang hari, karena bisa menyebabkan anda kembali susah tidur pada malam harinya. cobalah ikuti aturan alami tubuh, yaitu tubuh akan mulai tertidur di malam hari.

4. Anda harus menerima bahwa kita butuh tidur delapan jam dalam sehari, jangan memotong waktu tidur anda, karena dalam jangka panjang akan merusak pola tidur anda.

5. Jangan memaksakan untuk tidur, tidur itu alami dan mudah. jika anda memaksakan untuk tidur, anda akan merasa cemas dan akhirnya tidak bisa tidur. pergilah ke tempat tidur, berbaring dengan tenang dan anda akan mengantuk dengan sendirinya.

6. Siapkan untuk tidur, anda harus mempersiapkan diri untuk tidur agar mata anda segera merasa mengantuk. jika anda hanya pergi ke tempat tidur dan tidak berniat untuk tidur, insomnia anda tidak akan teratasi.

7. Memanjakan diri dalam beberapa kegiatan relaksasi seperti membaca buku yang bagus atau mendengarkan musik sebagai awal untuk tidur.

8. Kurangi mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat anda terjaga seperti teh, kopi. alkohol dan rokok. Minuman ini akan menyebabkan anda terjaga yang tentu saja tidak anda perlukan bila anda ingin tidur.

9. Mengatasi Insomnia bisa juga dengan mengatasi masalah yang anda hadapi. sebuah masalah hidup bisa mengganggu tidur anda, karena akan selalu terbawa dipikiran anda ketika ingin tidur.

10. Konsultasikan dengan dokter

Anda jika Anda tidur terus-menerus terganggu, kadang-kadang mungkin merupakan gejala dari penyakit fisik seperti tekanan darah tinggi sakit,, bernapas masalah atau masalah jantung.

11. Jernihkan pikiran anda.

Enyahkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran anda. Salah satu cara untuk ini adalah menuliskan semua pikiran anda lewat media blog.

12. Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari.Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur anda selanjutnya.

insomnia adalah gejala yang tidak boleh sama sekali diremehkan karena dapat merusak kinerja tubuh anda, sebaiknya anda segera melakukan tips-tips di atas. karena tidak semua penderita imsomnia adalah mereka yang cerdas dan bisa jadi itu adalah anda.

Baca juga

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Top