You are here
Home > Feature > Mari lestarikan bumi

Mari lestarikan bumi

Selamat hari bumi. Hari bumi merupakan acara yang diadakan setiap setahun sekali, tepatnya pada tanggal 22 April. Acara ini di isi dengan berbagai macam kegiatan-kegiatan pelestarian bumi. Mulai dari konfrensi, demonstrasi, kegiaatan menanam bersama dan masih banyak lagi kegiatan lainya.

Hari bumi pertama kali di cetuskan pada tahun 1970 oleh Gaylord Nelson dari Wisconsin, yang meninggal pada tahun 2005. Ia mulai berfikir tentang hari bumi setelah ia melihat kerusakan alam pada tahun 1969 di  Santa Barbara, California, pada saat itu sedang terjadi tumpahan minyak yang sangat besar sehingga membuat air laut tercemar.

Pada langka awalnya Nelson mencoba merekrut seorang bernama Denis Hayes lulusan universitas Stanford, setelah berhasil membujuk dan merekrut Denis Hayes ia melanjutkan untuk Pete McCloskey dari California tidak sampai disitu Nelson berhasil merekrut sebanyak 85 staf pemerintahan amerika.

Pada akhirnya untuk hari bumi pertama, 22 April 1970 sebanyak 20 juta warga amerika turun berdemonstrasi, serta berdiskusi bagaimana cara menyelamatkan planet yang telah rusak ini. Melawan penggunaan pestisida yang berlebihan, pabrik-pabrik yang berpolusi, kepunahan satwa secara tiba-tiba, dan masih banyak lagi permasalan yang mereka inginkan tak terjadi. Mulai dari itulah hingga saat ini hari bumi terus diperingati.

Pada tahun 1995, Presiden Bill Clinton memberikan Nelson Presidential Medal of Freedom untuk menjadi pendiri Hari Bumi. Inilah kehormatan tertinggi yang diberikan kepada warga sipil di Amerika Serikat.

Bagaimana dengan hari bumi saat ini?

Hari Bumi terus berkembang sampai saat ini. daritahun 1990, ini berlanjut secara global, dan 200 juta orang di 141 negara berpartisipasi dalam acara tersebut, menurut Jaringan Hari Bumi yang bisa anda cek websitenya. Data itu terus bertambah, baik dari jumlah negara yang turut serta maupun individual.

Namun walaupun bertambahnya kepedulian terhadap bumi tidaklah membuat si perusak alam berkurang, malah semakin bertambah pula mereka. masih ada yang peduli dengan lingkungan, yang tidak haus kekayaan.  Tidak kah kalian berfikir saat kalian merusak alam, anak cucu kita tidak lagi bisa melihatnya. Semua hanya akan mereka lihat dari buka, foto dan internet. Tambang itu untuk kehidupan bukan kekayaan.
Mari kita selamatkan bumi dan happy earth day for all

Tinggalkan Balasan

Top