You are here
Home > Unik > Segudang manfaat dari membaca buku

Segudang manfaat dari membaca buku

Banyak orang berkata bahwa manfaat membaca buku adalalah membuka jendela dunia. Memang benar namun selain membuka jendela dunia sangatlah banyak manfaat dari membaca buku, berikut beberapa dari segudang manfaat dari membaca buku.

  1. Stimulasi Mental

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa dengan membaca secara teratur ternyata dapat mencegah penyakit Alzheimer dan demensia. Otak manusia juga sama seperti tubuh manusia, otak juga memerlukan olaraga agar tetap terjaga kestabilanya. Maka dari itu selain bermain puzzle, bermain catur, membaca juga merupakan olaraga otak yang sangat bermanfaat, sehingga otak anda tetap terjaga ke stabilanya.

  1. Pengurangan Stres

Saat anda membaca buku yang anda sukai setelah melakukan rutinitas anda di hari-hari yang penuh kelelahan, maka tubuh anda akan menimbulkan hormon  stres. Jika anda membaca sebuah tulisan terutama novel yang membawa anda serasa di alam cerita tersebut mengalihkan perhatian anda sudah tentu anda telah kehilangan stres anda. Dengan membaca buku hormon stres anda akan hilang hingga 67%.

Selain membaca buku untuk penghilang stres membaca juga akan membawa sebuah ketenangan batin yang sangatlah besar. Inilah salah satu dari manfaat mebaca buku yang banyak orang abaikan, dengan alasan jika saat sedang lelah tidaklah akan fokus jika membaca buku. Padahal dengan membaca buku anda dapat mengurangi stres.

  1. Pengetahuan

Salah satu mengisi pengetahuan adalah membaca, hal ini sangat benar dan telah disetujui oleh semua orang di dunia. Ilmu pengetahuan sangatlah berharga dan merupakan sebuah aset tak ternilai. Banyak orang rela menukar harta bendanya dengan sebongkah ilmu pengetahuan.

Dengan membaca buku, maka anda telah menambah sedikit demi sedikit pengetahuan. Menabungnya di kepala yang akan berguna suatu saat nanti. Semakin banyak sebuah pengetahuan yang anda isi maka semakin siap anda menghadapi masa depan. Dengan membaca maka kita akan lebih siap untuk mengenal dunia di masa depan, dengan membaca buku kita dapat menambah ide-ide yang anda dapat kreasikan.

  1. Menambah kosa kata

Di dalam hidup tentu kita akan menemukan sebuah kosa kata yang asing bagi kita. Maka dari dengan membaca buku akan bermanfaat untuk menambah kosa kata anda. Karena di dalam bait-bait tulisan buku anda akan menemukan banyak sekali kosa kata yang baru. Semakin banyak anda membaca, semakin banyak pula kosa kata yang bertambah yang anda mengerti. Jika kosa kata anda bertamba, maka hubungan sosial anda juga akan baik. Selain itu anda dapat berbicara dengan baik, berpengetahuan luas, serta masih sangat banyak lagi manfaat dari membaca buku

  1. Meningkatkan kualitas memori otak

Saat anda membaca buku, tentu akan memberikan andil untuk meningkatkan kulitas memori otak anda. Karena saat membaca buku secara perlahan-lahan anda harus mengingat berbagai macam karakter yang ada di dalam cerita, latar belakang, sejarah, dan nuansa. Setiap lembaran buku yang anda buka juga akan membuka kapasitas memori otak anda.

  1. Keterampilan Berpikir Analitis yang Lebih Baik

Dengan membaca buku maka otak anda akan dilatih untuk berfikir menganalisis, seperti apa saja yang masalah yang disajikan di dalam cerita. Pernahkah anda membaca novel Sherlock Holmes?, novel yang mempunyai banyak misteri di dalamnya. Saat anda membaca novel seperti ini maka secara tidak sadar anda telah dilatih untuk menganalisis secara baik. Saat membaca buku kita seakan diberikan sebuah akses jalan untuk masuk ke alur cerita yang begitu rumit.

  1. manfaat membaca buku juga dapat meningkatkan konsentrasi anda

Berbeda saat anda membaca di internet, perhatian anda akan tidak terfokus pada satu hal. Membaca pesan whatsapp, membalas komentar di Facebook, melihat history mantan di instagram dan sebagainya.  Namun saat anda meninggalkan semua itu dan memulai membaca buku, kefokusan anda akan meningkat. Sedikit demi sedikit jika dilatih sudah pasti sangat berguna suatu saat jika anda melakukan pekerjaan di masa depan.

Saat membaca buku perhatian anda akan terfokus pada cerita-cerita yang disajikan di dalam dunia buku tersebut, maka cobalah membaca buku secara perlahan-lahan mulai dari 10-60 menit dalam sehari, maka pada suatu saat anda akan bisa berkonsentrasi lebih baik daripada sebelumnya.

  1. Keterampilan Menulis Lebih Baik

Nah ini juga merupakan cara menjadi penulis yang hebat, baik itu menulis skripsi, novel, atau menulis kenangan indah bersama gebetan ketika anda ditolak sebelum menjadi pacar. Seperti yang saya paparkan di atas sebelumnya, saat anda membaca kosa kata anda akan bertambah. Saat kosa kata anda bertambah di iringi kemampuan membaca yang dilakukan setiap hari itu akan mempermudah anda menulis kenagan indah bersama mantan ehh menulis berbagai hal maksudnya.

Baca juga

Bagaimana, banyak sekali kan manfaat dari membaca buku? Tidak perlu anda menghabiskan buku seminggu sekali seperti Bill Gates, atau membaca buku sekali dalam satu jam. Tapi cukup meluangkan waktu satu jam saja di setiap hari untuk membaca. Karena membaca merupakan jendela dunia. Maka bukalah jendela itu biarkan matahari pengetahuan menyinari hidupmu kawan.

2 thoughts on “Segudang manfaat dari membaca buku

  1. Nice articel. Tapi ada beberapa kata yg salah ketik, Min. Misalnya kata ‘kestabilanya’

Tinggalkan Balasan

Top