You are here
Home > Feature > Alasan mengapa anda harus menulis

Alasan mengapa anda harus menulis

Telah banyak kata-kata yang tertulis dan telah menjadi bagian dari kehidupan, pada dasarnya menulis merupakan suatu bentuk komunikasi. berkomunikasi merupakan hal yang tak dapat dipisahkan dari fungsi menulis itu sendiri, entah itu berkomunikasi dengan kolega, keluarga maupun siapa saja. contoh sederhana dari hasil komunikasi dari tuliasan adalah daftar belanja.

Selain dari fakta bahwa menulis merupakan bagian dari kehidupan sehari hari, ada banyak sekali alasan yang baik jika anda menulis, bahkan jika hanya beberapa kata saja yang anda tulis itu juga telah ada manfaat untuk kehidupan anda.

Baca juga

Beberapa alasan kenapa anda harus menulis adalah sebagai berikut

1.Melepaskan pikiran stres di atas kertas

Menulis bisa jadi terapi. Hal ini dapat menjadi cara untuk melampiaskan semua rasa frustasi yang terpendam membebani pikiran anda sehingga pikiran menjadi lebih stabil. di atas kertas anda dapat melampiaskan segala bentuk perasaan anda baik itu rasa khawatir maupun stres. Menulis dapat berfungsi sebagai bentuk bantuan terapi stres dimana kata kata yang tak bisa terucap terbentuk di dalam tulisan,  sudah banyak contoh orang orang yang tak bisa mensuarakan pikiranya di dalam penjara namun pikiranya dapat diterimah melalui sebuah karya tulis.

2.Membersihkan pikiran anda

Sebuah kebiasan menulis yang teratur anda lakukan berfungsi menyapu pikiran-pikiran anda untuk tugas tugas yang dilupakan maupun ide ide yang telah lama anda fermentasikan di kepala.sehingga dengan menulis anda dapat mengingat apa saja yang anda belum lakukan dan menulis juga dapat mengevolusikan sebuah ide menjadi lebih baik lagi.

3.Meningkatkan keterampilan komunikasi anda

Dengan menulis yang anda lakukan maka keterampilan komunikasi anda juga kan meningkat. mengapa komunikasi sering terhambat? Karena kita sendiri tidak tahu cara mengekspresikan diri baik itu secara lisan maupun tulis. Maka dengan menulis secara teratur dapat mengasah kemampuan pengekspresian diri dan hal itu tentu akan sangat berguna dalam komunikasi. jika anda memiliki kesulitan berkomunikasi yang sulit maka mulailah menulis dengan rutin hal itu akan membentuk anda menyusun kata kata dengan cepat dan baik.

4.Perekam jejak sejarah

Menulis  merupakan instrumen perekam jejak sejarah yang telah ada dari zaman dahulu, dan hal inilah yang banyak tersebar hingga saat ini. kita telah mengenal kehidupan para nabi, ulama-ulama, dan orang orang besar lainya melalui tulisan.

Jika hendak merekam sejarah dimuka bumi ini maka cukup anda menulis hal ini tak akan tergantikan oleh apapun, menulis dan tulisan akan tetap selalu ada.

5.media dakwah yang sangat bermanfaat

Tulisan merupakan media dakwah yang manfaatnya besar sekali, apa lagi untuk saat ini teknologi telah membantu kita untuk lebih giat lagi berdakwah melalui tulisan.

Maka jadikanlah menulis sebagai media dakwah kita karena dengan menulis anda tak perlu terjun langsung di objek dakwah.

6.mencegah kepikunan

Karena menulis sangat erat dengan kinerja otak, sebagaimana fisik mebutuhkan olaraga agar tetap terjaga tentu otak juga mempunyai olaraga tersendiri. Menulis merupakan salah satu olaraga yang baik untuk otak.

Terlebih lagi jika kita menulis tulisan ilmiah maka otak akan bekerja mengumpulkan beberapa refrensi maka jika terus demikian otak tak akan mudah menjadi pikun. otak ibarat pedang semakin sering di asah maka semakin tajam pemikiran anda

 

Tinggalkan Balasan

Top