You are here
Home > Reportase > Kajian malam Jum’at Mahasiswa Sekolah tinggi ilmu ekonomi

Kajian malam Jum’at Mahasiswa Sekolah tinggi ilmu ekonomi

 

Kamis,2 Februari 2017 kajian malam yang rutin dilakukan mahasiswan sekolah tinggi ilmu ekonomi Hidayatullah Depok kali ini di isi oleh ustad Ahmad Suhail S.pd.i.

Di dalam kajiannya ustad Suhail mengatakan bahwa fungsi manhad adalah mendidik dan mempengaruhi anggotanya baik secara langsung maupun tidak langsung untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari,jikalau sebuah lembaga tidak bisa mempengaruhi anggotanya baik secara emosional ataupun secara fisik,maka itu bukan manhad bahkan.

Beliau melanjutkan perkatanya,di Hidayatullah sendiri mengenal didikan yang bernama SNW yg kini telah menjadi SW(sistematika Wahyu). Sistematika Wahyu adalah sistem yang dikenal Hidayatullah mengambil contoh 5 surah Al-Quran yang turun pertama kali yaitu al-alaq,al-qolam,al-muzammil,Al-mudazzir,dan Al-fatihah.

Didalam lima surah awal itu banyak hikma yang dapat di ambil sebagai contoh al-alaq,surah ala-alaq ayat 1-5 adalah ayat yang pertama kali turun di dalam islam,ustad Suhail mengatakan di al-alaq inilah syahadat,syahadat merupakan komitmen manusia untuk beriman kepada Allah dan mengikuti Rasulullah SAW. Hal inilah yang menjadi landasan Hidayatullah menugaskan seluruh santrinya kepolosok negeri untuk membuka kampung-kampung islami(ponpes),yang mana hal seperti ini dikenal di kalangan santri Hidayatullah “saminna wa athtonna” kami mendengar dan kami taati.namun tentu perintah ini sesuai dengan syariat Islam.

Beliau juga menyinggung tentang makna surat al-muzammil,beliau mengatakan bahwa al-muzammil turun karena nabi Muhammad merasa berat menerimanya Wahyu maka diperintahkan ia untuk shalat malam.maka dari itu ketika kita juga mempunyai Maslah yang besar tentang bagaimana mengurus umat maka shalat malam lah,beliau mengatakan jika orang yang tidak Shalat lail berarti orang yang tidak memikirkan umat dan hanya memikirkan diri sendiri.

Di akhir kajiannya beliau mengatakan bahwa sebagai kader Hidayatullah kita harus senantiasa mempelajari SNW karena banyak makna yang bisa digali dan diambil di dalamnya. 

One thought on “Kajian malam Jum’at Mahasiswa Sekolah tinggi ilmu ekonomi

  1. Just do me a favor and keep writing such trehncant analyses, OK?

Tinggalkan Balasan

Top